Senin, 22 Februari 2010

Cara menggoreng kentang goreng


Kentang goreng adalah hidangan dari potongan kentang yang di goreng dengan minyak goreng panas. Di dalam menu rumah makan, kentang goreng yang di potong panjang panjang (shoestring) dan di goreng dalam keadaan terendam dengan minyak goreng panas disebut French Fries.
Kentang goreng bisa dimakan begitu saja sebagai makanan ringan, atau sebagai makanan pelengkap hidangan utama seperti bistik, humburger, atau fish n chips.

Dilihat dari sejarahnya kentang goreng populer di seluruh dunia berkat rumah makan siap saji seperti McDonald's dan Burger King. Di awal tahun 1950-an Jack simplot yang memiliki perusahaan bernama J.R Simplot menciptakan bahan baku french fries berupa potongan potongan yang sudah dikupas dan dibekukan. (sumber wikipedia)

Kentang goreng biasanya digoreng hingga terendam di dalam minyak goreng cair atau minyak goreng padat bersuhu 190 derajat celcius sampai permukaan kentang berwarna kuning keemasan dan agak garing.
Sebagian buku resep mengharuskan kentang digoreng sebanyak dua kali di dalam minyak goreng yang suhunya berbeda. Pertama kentang digoreng dalam suhu 177 derajat dan diangkat ketika kentang hampir matang tapi masih lunak dan berwarna pucat. Setelah di biarkan dingin beberapa saat, kentang di goreng lagi untuk yang kedua waktunya tidak sampai 1 menit di dalam minyak goreng bersuhu 190 derajat hingga berwarna kuning keemasan dan garing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar